BR 20

Lebih Dari Sekedar Olah Jasmani

Kemudahan dan fleksibilitas waktu menjadikan berlari sebagai salah satu olahraga populer untuk masyarakat perkotaan yang dinamis. Tetapi bagaimana jika berlari ternyata jauh lebih besar dari sekedar mengolah fisik belaka? Tim UNIQLO mengupasnya bersama Hanka dan Deri, anggota komunitas BR20 Runners Bandung.

BR20 Runners diinisiasi oleh sekelompok anak muda yang berkecimpung di industri kreatif, mulai dari dunia fashion hingga musik. Perlahan komunitas yang berdiri sejak 2013 ini semakin besar namanya. Selain anggota yang semakin banyak, BR20 Runners juga terlibat dalam berbagai event di tingkat nasional dan internasional seperti Bali Marathon dan Tokyo Marathon.

Tidak hanya fokus dalam mengolah kemampuan fisik, BR20 Runners juga mengusung kampanye bertajuk #connectbyrunning sejak 2015 silam. Kampanye ini bertujuan untuk mempertemukan orang-orang dari berbagai latar belakang dan bidang pekerjaan lewat olahraga berlari, sehingga bisa memperluas pandangan dan relasi untuk setiap orang yang terlibat di dalamnya. “Waktu anniversary ke 2, BR20 membuat semacam tagline #connectbyrunning yang berarti terkoneksi oleh lari. Kaya kita sampe bikin koneksi sama beberapa komunitas di Jakarta bahkan sampe Jepang. Itu emang #connectbyrunning dimana dari lari ini lo bisa bisnis, sharing tentang hidup, jadi kaya lo dipersatukan lewat lari”, ujar Hanka.

Cuaca, infrastruktur, serta lanskap kota yang mendukung membuat Bandung menjadi tempat yang spesial bagi BR20 Runners. Bahkan menurut Deri hal tersebut diakui oleh berbagai komunitas lari di luar kota Bandung. “Bandung tuh cuacanya bantu banget, sekarang juga pemerintah kota Bandung menyediakan trotoar yang cukup untuk kita lari, itu tuh salah satu kemudahan yang kita dapetin di Bandung. Bahkan anak-anak running crew dari luar yang ke Bandung tuh emang bilang Bandung tuh buat lari banget”.

Latar belakang para inisiator BR20 Runners secara tidak langsung membuat komunitas sangat concern terhadap pakaian dan perlengkapan yang mereka kenakan ketika berlari. “Masalah pemilihan running gear kita sih emang sangat-sangat memperhatikan hal itu. Apalagi kalau masalah pakaian sih yang bener-bener nyaman, dingin, dan menyerap keringat itu nyaman dengan aktivitas lo, ga keganggu. Apalagi sekarang UNIQLO punya UNIQLO Sport mereka emang awalnya ke casual look tapi punya concern yang baru untuk membuat UNIQLO Sport, harus di coba sih”, tukas Hanka.

Seperti UNIQLO dry-ex yang biasa mereka kenakan dalam berlari. Desain UNIQLO dry-ex yang simple namun sophisticated juga memungkinkan mereka untuk melakukan beragam styling yang variatif – memastikan penampilan mereka tetap prima walau sedang berolahraga.

Deri dan Hanka berharap kehadiran UNIQLO di kota Bandung bisa membuka ruang kolaborasi bagi komunitas-komunitas lokal dan memperkenalkannya ke dunia. “Good to know kalau UNIQLO sekarang ada di Bandung, dan gue berharap someday UNIQLO bisa menyatukan visi sama BR20 Runners atau komunitas-komunitas lokal lain untuk mengharumkan kota Bandung”.